Tips Lolos SNMPTN 2019 : Saatnya Masuk Kampus Impian Tanpa Tes

SNMPTN 2019

Halo Pejuang Kampus!!!!. Hari ini pengumuman pemeringkatan oleh panitia SNMPTN sudah diumumkan. Tahun ini hanya  40% siswa terbaik di sekolah yang bisa ikut dalam seleksi tanpa tes ini. Dan kuota SNMPTN tahun ini pun hanya 20% sehingga persaingan akan menjadi sangat ketat. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan salah satu proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes. Sehingga dalam proses penilaian seleksi hanya menggunakan nilai rapot dan prestasi siswa. Pada tahun ini pendaftaran  SNMPTN sudah bisa dilakukan pada hari ini tanggal 4 Februari 2019-14 Februari 2019. Namun, saat ini web snmptn.ac.id masih mengalami gangguan. Sehingga banyak siswa yang masih belum bisa mengakses untuk mendaftar ataupun melihat apakah mereka lolos seleksi awal yaitu pemeringkatan dan eligibilitas.

Masuk perguruan tinggi negeri dengan jalur SNMPTN merupakan impian bagi semua siswa, karena seleksi ini tidak dipungut biaya dan juga tanpa tes. Namun, ada beberapa hal yang harus pejuang kampus perhatikan dalam memilih jurusan atau program studi dalam SNMPTN 2019 ini. Melihat semakin sedikitnya kuota yang tersedia, otomatis persaingan juga akan semakin ketat. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam agar dapat lolos di SNMPTN 2019 :

  1. Realistis dalam Memilih Jurusan atau Program Studi

SNMPTN hanya mengandalkan nilai rapot dan prestasi yang kalian miliki. Sehingga dalam memilih jurusan atau program studi sesuaikan dengan nilai dan prestasi yang telah kalian dapatkan selama 3 tahun di sekolah. Jangan hanya mengedepankan gengsi sehingga tidak mampu melihat peluang yang tepat dalam menentukan jurusan atau program studi.

  1. Perhatikan Daya Tampung dan Peminat

Daya tampung ialah jumlah mahasiswa yang akan diterima dalam suatu jurusan atau program studi. Dengan memperhatikan daya tampung ini kalian akan mampu memprediksi peluang kalian diterima SNMPTN. Semakin banyak daya tampung yang disediakan, semakin banyak pula kesempatan kalian untuk lolos SNMPTN.

  1. Pertimbangkan Prestasi Non Akademik

SNMPTN juga mempertimbangkan jika kalian melampirkan prestasi non akademik karena hal ini bisa menjadi poin plus bagi kalian agar diterima di PTN impian kalian. Seperti yang sudah dibahas diawal bahwa SNMPTN hanya mengandalkan nilai rapor dan prestasi siswa. Sehingga jika kalian memiliki prestasi non akademik jangan lupa untuk melampirkannya juga ya.

  1. Catat Jadwal SNMPTN dengan baik

Ini hal yang juga penting. Untuk bisa lolos SNMPTN kalian harus mendaftar di waktu yang tepat, tidak terlambat dan tidak terlalu cepat. Jangan pernah mendaftar saat akhir pendaftaran. Karena biasanya server akan down dan kalian akan kesulitan mendaftar. Hal yang ditakutkan adalah kalian gagal mendaftarkan diri.

  1. Ikuti Kata Hati dan Terus Berdoa

Jika kalian sudah menentukan jurusan yang akan kalian pilih. Jangan pernah goyah atau beralih. Ikuti kata hati, jika kalian memang sanggup untuk menjalani maka jalankan, jangan pernah terhasut omongan teman sehingga kalian goyah dan akhirnya berpindah pilihan. Sebab jika sudah yakin, Tuhan akan menuntun kita kepada rencananya yang luar biasa. Jangan lupa selalu berdoa jugam berserah diri dan percaya bahwa rencana Tuhan merupakan rencana yang paling indah dibanding rencana yang dibuat manusia.

Nah itu tadi beberapa hal yang hal yang harus diperhatikan jika teman-teman ingin lolos SNMPTN 2019. Semoga beruntung teman-teman. Berikut ini jadwal SNMPTN 2019. Jangan lupa dicatat ya!!!!!

Pengisian dan Verifikasi PDSS 4 Januari – 25 Januari 2019
Pendaftaran SNMPTN 4 Februari – 14 Februari 2019
Pengumuman SNMPTN 23 Maret 2019

Segala usaha manusia harus selalu diiringi doa. Sebab semua yang terjadi di dunia hanyalah Pemilik Semesta yang mampu membuatnya. Salam Semangat!!!!!

Advertisements

Published by B Arindra

Bukan penulis handal, hanya perangkai kata untuk menyampaikan rasa yang tak mampu terucap

Leave a comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: